Quote Of The Day

"Beautiful music is the art of the prophets that can calm the agitations of the soul; it is one of the most magnificent and delightful presents God has given us
"
Martin Luther

May 8, 2016

Produce 101, I.O.I, Dream Girls


Kali ini aku gak akan bahas tentang suatu lagu atau album. Kali ini, aku bakal bahas tentang suatu kompetisi pemilihan anggota girlband di Korea sampai debut mereka beberapa waktu lalu.

Bulan Desmber 2015, aku tertarik dengan wacana program ini, merekrut 101 trainee dari berbagai company untuk memilih 11 anggota untuk dijadikan satu grup dan dikontrak selama 1 tahun. Well, awalnya aku berpikir kalau grup ini akan seperti AKB48, dimana ada member rotation yang dipilih berdasarkan vote (ya, aku kepikiran AKB48 karena MV Pick Me, lagu theme song acara ini, super JPOP). And I was wrong.



Aku sangat excited pada masanya karena Dani (former T-ara member, that never become T-ara member) menjadi bagian dari acaran ini. Serta 2 anggota DIA ikut pula di program ini. Aku masih kebingungan, ngapain orang udah debut tapi ikutan acara "trainee". Menurut kabar, Cathy dan Chae akan vakum dari DIA untuk sementara waktu, karena sebelum mereka debut di DIA, mereka sudah menandatangani untuk ikut dalam program ini. WTF! Dan DIA pun menambah 1 member baru untuk mengisi kekosongan (?) But, I'm bias over MBK. T-ara is my forever bias group, so I'll be #TeamMBK forever (eventhough MBK is a shitty company, imo).
Sejujurnya, aku ga mengikuti semua episodenya. Aku cuma melihat cuplikan-cuplikan klipnya via youtube mnet atau sekedar scroll di Twitter siapa yang peringkat pertama dan sekian. Di tengah-tengah kompetisi, ketika Produce 101 menjadi acara yang super kejam, dengan cara mengeliminasi pesertanya, tersisa 35 orang, mereka mengeluarkan mini album yang menurutku super solid. Aku suka semua lagunya. Setiap trainee tergabung ke dalam satu grup yang beranggotakan 7 orang dan merekam dan menampilkan 1 lagu. Total, ada 5 lagu dalam mini album itu.



Singkat cerita pada, Dani tidak masuk ke posisi 22 besar. Aku super kesal karena Dani harus menjadi "trainee" lagi di MBK, dimana entah kapan akan debut :( Dan menyisakan Cathy dan Chaeyeon di 22 besar. Pada awal April, akhirnya terpilih lah 11 member terpilih untuk menjadi anggota girlband yang dinamakan I.O.I. Sayangnya Cathy tidak tergabung ke dalam grup ini, sehingga kemungkinan besar dia akan kembali ke DIA :( I'm not hating on DIA, but I think It will be good if Chaeyeon and Cathy debut (again) on the same group, biar effort buat vakum dari DIA gak sia-sia.

Awalnya muncul kontroversi dimana fans AOA meminta mereka untuk mengganti namanya, karena spell nama I.O.I hampir mirip dengan AOA. Tapi, lambat laun, semuanya terkendali (sepertinya

Mereka pun merilis lagu CRUSH yang pada awalnya digadang menjadi lagu debut mereka. Namun, karena pertimbangan lain, akhirnya CRUSH hanya menjadi lagu pre-debut, karena mereka (grup dan agensi) ingin sesuatu yang "unik" sebagai lagu debut mereka.


Dan sebulan setelah CRUSH rilis, akhirnya lagu debut yang "unik" mereka rilis, dan begitu kecewanya aku secara pribadi, kalau tema "unik" mereka seperti ini.


Dalam percobaan pertama, aku sangat benci lagunya. Ini tidak sesuai dengan apa yang aku harapkan, pikirku. Tapi, lambat laun, setelah mencoba beberapa kali lagi mendengarkan aku ketagihan dengan lagunya. Terutama ketika Chaeyeon menjadi center di awal reff. I'm totally freaked out! CHaeyeon menjadi super visual untuk grup ini.

Setelah lama-kelamaan aku sadar, kalau grup ini benar-benar sebagai Dream Girls. Maksudnya, semua visual dan talent ada di grup ini. Grup ini bisa menjadi national girl grop. Namun, sayang banget kontak mereka hanya 1 tahun untuk berada di grup ini. Aku pikir, mereka akan menjadi besar kalau mereka masih bertahan minimal 3 tahun ke depan. Mungkin untuk memaksimalkan fanboying, I'm going to track their activities setahun ke depan. Sebelum akhirnya bakal menangis kalau dream girls ini akan bubar :'(

**

BONUS
The phenomenal ending of Jung Chaeyeon. Abaikan suaran Chanmi yang super ngerusak performance keseluruhan :(

No comments:

Post a Comment